WOW !!! Ilmuwan Indonesia Temukan 15 Planet Baru

Hasil gambar untuk planet baru
Photo : Tempo
Indonesia bisa berbangga karena salah satu anak bangsa mampu menemukan planet-planet di luar tata surya atau ekstrasurya. Johny Setiawan, menjadi satu-satunya orang Indonesia yang menjadi peneliti di Institut Max Planck untuk Astronomi di Heidelberg, Jerman.
Sejak 2003, pria kelahiran 16 Agustus 1974 ini telah menemukan 15 planet ekstrasurya. Planet terbaru yang ditemukannya adalah HIP 13044b, sebuah planet yang mengorbit pada sebuah bintang tua dengan kandungan logam yang minim, HIP 13044. Penemuan ini mampu membuka cara pandang baru tentang proses terbentuknya bintang, sebab diyakini bahwa bintang tua minim kandungan logam tak mungkin memiliki planet.


Penemuan Johny dianggap sebagai 10 penemuan sains terbaik 2010 versi majalah Times. Temuan astronom berusia 36 tahun itu bisa disejajarkan dengan temuan Gliese 581g yang merupakan planet mirip bumi dan temuan para fisikawan di European Organization for Nuclear Research (CERN).


Temuan besar Johny lainnya adalah Planet TW Hydrae b. Penemuannya tergolong mencengangkan sebab di antara ratusan planet ekstrasurya, tak satu pun yang mengorbit pada bintang yang berusia muda. Max Planck Institute for Astronomy mengakui penemuan TW Hydrae b sebagai salah satu penemuan spektakuler. Untuk pertama kalinya, ilmuwan berhasil menemukan secara langsung bahwa planet terbentuk dalam lingkaran cakram yang berputar pendek setelah kelahiran bintang. Penemuan itu memungkinkan kajian baru dalam pembentukan bintang dan migrasi planet.

Ketertarikan Johny pada astronomi dimulai sejak kecil ketika menonton film Star Trek. Johny menghabiskan masa kecil hingga remaja di Jakarta, lalu pindah ke Jerman untuk meneruskan kuliah. Program doktor yang diraihnya dengan beasiswa dari European Southern Observatory di Keipenheuer Institute for Solar Physics Univseritas Freiburg mengantarkannya meraih predikat summa cum laude.

Pasti banyak orang yang cita-citanya terinspirasi dari film favorit. Tapi Johny tak berhenti sampai di situ. Ia kemudian berusaha keras untuk mencapai mimpinya, hingga berbuah kesuksesan. Kini ia ikut membanggakan Indonesia!
sumber : cheersbanggaindonesia

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "WOW !!! Ilmuwan Indonesia Temukan 15 Planet Baru"

Posting Komentar